Annyeong Haseyo....
Meirindawati Fatimah imnida. Oh ya,saya seorang K-POPERS. Only CASSIOPEIA. Saranghae DBSK.
Di dalam blog ini saya akan memasukan artikel-artikel yang semoga bermanfaat bagi semuanya, foto,video,link dll. Semoga blog ini dapat berguna. Gomawo ^^
ALWAYS KEEP THE FAITH

Jumat, 16 Maret 2012

TANAMAN OBAT KELUARGA


TANAMAN OBAT KELUARGA
“SIRIH MERAH”
Tanaman sirih merah (Piper crocatum) termasuk dalam famili Piperaceae, tumbuh merambat dengan bentuk daun menyerupai hati dan bertangkai, yang tumbuh berselang-seling dari batangnya serta penampakan daun yang berwarna merah keperakan dan mengkilap. Dalam daun sirih merah terkandung senyawa fitokimia yakni alkoloid, saponin, tanin dan flavonoid. Sirih merah sejak dulu telah digunakan oleh masyarakat yang berada di Pulau Jawa sebagai obat untuk meyembuhkan berbagai jenis penyakit,yaitu:
v  Sirih Merah untuk Obat Kumur
Daun sirih merah yang digunakan adalah yang masih segar sebanyak 5 lembar. Cuci daun sirih hingga bersih, lalu rebus dengan air dua gelas (400 ml) sampai mendidih dan tersisa satu gelas. Dinginkan air rebusannya, lalu gunakan sebagai obat kumur tiga kali sehari pada pagi, siang, dan sore hari. Ramuan ini sangat baik untuk mengobati gusi berdarah, gigi berlubang, sariawan, radang pada tenggorok, dan bau mulut.
v  Sirih Merah untuk Obat Batuk atau Penambah Nafsu Makan
Ambil daun sirih merah yang tidak terlalu tua sebanyak 10 lembar, lalu cuci bersih dengan air mengalir. Rendam daun sirih tersebut di dalam alkohol 70% selama 30 menit agar bakterinya mati. Tambahkan gula putih sebanyak 100 gram, lalu rebus dengan air empat gelas (800 ml) sampai mendidih dan tersisa satu gelas. Saring, lalu dinginkan. Tuangkan hasil saringan tersebut ke dalam botol yang bersih dan steril. Ramuan ini bisa diminum tiga kali sehari pada pagi, siang, dan sore hari. Sekali minum satu sendok makan. 
v  Menghentikan pendarahan hidung
Ambil 1 lembar daun sirih.lalu daun sirih digulung sambil ditekan-tekan sedikit supaya keluar minyaknya.kemudian dipakai untuk menyumbat hidung yang berdarah.




“KEMUNING”


Kemuning Bermanfaat Untuk Kesehatan antara lain sebagai pengobatan berikut ini :
v Bisul
Akar kemuning kering sebanyak 30 g dicuci dan dipotong-potong seperlunya. Rebus dengan 3 gelas air bersih sampai air rebusannya tersisa l gelas. Setelah dingin disaring Lalu diminum. Sehari 2 kali, masing-masing 1/2 gelas.
v Rematik, keseleo, memar :
Akar kemuning kering sebanyak 15 – 30 g dicuci Lalu dipotong- potong seperlunya. Tambahkan arak dan air masing-masing 1 1/2 gelas, Lalu direbus sampai tersisa 1 gelas. Setelah dingin disaring, Lalu diminum 2 kali sehari, masing-masing 1/2 gelas.
v Sakit gigi :
Minyak yang keluar dari kulit batang kemuning yang dibakar diteteskan ke dalam gigi yang berlubang.
v Melangsingkan badan :
Daun kemuning segar dan daun mengkudu (Morinda citrifolia) masing-masing segenggam penuh dan temu giring sebanyak 1/2 jari kelingking ditumbuk halus. Tambahkan 1 cangkir air masak sambil diaduk merata. Peras dengan sepotong kain. Air yang terkumpul diminum sekaligus pada pagi hari sebelum makan.


1 komentar: